“HOTWHEELS 90’S ERA”

Hotwheels, adalah brand diecast toys berasal dari Amerika sejak tahun 1968. Hotwheels mengeluarkan beragam model dan skala mulai dari skala 1/87, 1/64, 1/50, 1/43 dan 1/18. Hotwheels 1/64 yang terkenal dengan istilah “$1 toys” sangatlah hits sampai sekarang. Diecast toys yang dulunya ditargetkan untuk anak-anak, namun kini orang dewasa banyak yang mengumpulkannya, terutama dengan adanya edisi “Collectors item” yang mempunyai desain grafis khusus dan jumlah produksi terbatas.

IMG_7807

Hotwheels seri reguler diproduksi dalam berbagai macam jenis model dan varian yang sering biasa kita lihat di toko maupun online. Hotwheels seri reguler modern sekarang banyak diburu oleh para kolektor terutama model baru dirilis. Banyak model favorit yang didesain oleh desainer Hotwheels membuatnya masih menduduki no.1 Diecast diseluruh penjuru dunia.

o-mati1c

Hotwheels reguler sekarang terbuat material besi untuk body dan plastik pada interior,base dan bannya. Pada Blister cards terdapat grafis menunjukkan mobil yang persis dengan yang terdapat didalamnya. Back in time ke 10 tahun yang lalu, dimana desain Hotwheels reguler yang kini cenderung classic jika dibandingkan dengan Hotwheels reguler sekarang.

IMG_2697

Kami memiliki beberapa contoh Hotwheels 90’s Era. Hotwheels reguler ini sering disebut dengan “Blue Cards” karena memang warna dominan dari blister adalah biru. Yang dapat kita simpulkan adalah, Hotwheels masih tetap mempertahankan kombinasi warna biru putih pada blisternya pada Hotwheels reguler sekarang. Namun pembedanya adalah tidak terdapat grafis mobil yang sama dengan mobil yang ada di dalamnya, tapi grafis dari mobil yang sesuai dengan judul serinya. Contoh Hotwheels 90’s Era yang kami miliki ini semuanya model offroad yang kini sudah tidak dijumpai lagi pada Hotwheels modern sekarang ini, bahkan beberapa diantara sudah masuk dalam “Final Run” dimana mesin cetak diecast tersebut sudah dihancurkan.

Hotwheels Range Rover

IMG_2712

Hotwheels Range Rover adalah salah satu model favorit kami dan para kolektor. Model Range rover generasi pertama yang sangat vintage yang dibuat cukup menyerupai aslinya. Hotwheels Range Rover ini sudah masuk dalam “Final Run” dimana sudah tidak diproduksi lagi sekarang. Tak heran jika beberapa varian masuk dalam kategori “Rare” sehingga harganya kini sangat tinggi.

IMG_2710

Hotwheels Range Rover ini dibuat seorisinal sesuai dengan bentuk aslinya. Dapat dilihat tidak terdapat aksesoris yang biasa dilakukan oleh Hotwheels. Body mobil yang terbuat dari metal dan base menyambung sampai bumper dan lampu dengan berikut grill yang terbuat dari plastik, begitupun dengan interior dan bannya. Decal pada mobil memang tidak seperti sekarang yang rapih dan beragam, tulisan serta cetakkan pada Range Rover ini yang  dapat dikenali dari ciri khas sesuai pada zamannya.

Hotwheels Mercedes-Benz Unimog

IMG_2716

Hotwheels Mercedes-benz Unimog juga salah satu model favorit para kolektor. Mobil truk yang kerap digunakan untuk militer ternyata juga dibuat mengikuti aslinya. Terlihat pula salah satu dari model Unimog yang memiliki Collector Number. Yaps, ini adalah ciri khas dari Hotwheels keluaran tahun 1989-1994 Era yang memiliki Collector Number. Hal ini memudahkan bagi para kolektor jika ingin meng explore lebih lanjut varian model yang terdapat pada mobil ini.

IMG_2718

Hotwheels Mercedes-Benz Unimog ini juga masuk dalam “Final Run” selain Range Rover. Basic dari bahan mobilpun masih sama yang didominasi oleh bahan metal dan plastik. Namun yang membedakan dari Range Rover, Pada Mercedes-Benz Unimog ini menggunakan base metal. Untuk zaman sekarang, penggunaan base metal hanya ada pada premium line atau edisi tertentu. Selain itu, yang dapat terlihat jelas pula adalah ban yang digunakan. Ternyata pada tahun tersebut, desain pelek yang digunakan cenderung sama untuk mobil sejenis.

Hotwheels Street Roader/Suzuki Jimny Samurai

IMG_2744

Mungkin terlihat tidak asing pada desain mobil ini? Terlihat mirip dengan Suzuki Jimny Samurai. Memang mobil ini mengambil basis dari Suzuki Jimny Samurai dan pada tahun tahun itu beberapa model Hotwheels sering tidak mendapatkan lisensi resmi dari brand mobil aslinya sehingga menggunakan nama lain. Pada Street Roader ini, mirip dengan Mercedes-Benz Unimog yang menggunakkan body dan base metal. Selain itu, Pada model Street Roader ini juga masuk dalam “Final Run“.

Hotwheels Nissan Hardbody

IMG_2723

Model contoh terakhir pada unit yang kami miliki adalah Nissan Hardbody, dimana bentuk dari mobil ini mirip dengan Nissan Terrano namun dengan menggunakan bak.

IMG_2750

Pada Nissan Hardbody model Hotwheels tahun 90 an beberapa model dimodifikasi sesuai dengan imajinasi Hotwheels seperti yang dapat terlihat dengan adanya mesin di bak dari Nissan Hardbody. Grafis pada mobil ini juga simpel dengan adanya nomor serta decal flag. Ternyata tahun 90 an Hotwheels juga sangat tren dengan mengaplikasi decal motif api serta motif flag untuk meramaikan varian pada mobil-mobil yang dibuatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s