“1/18 AUTOART SIGNATURE HONDA 1990 NSX-R”

Honda NSX (New Sportcar eXperimental) adalah produk mobil sportcar  bermesin mid-engine 3.0L V6 Rear Wheel Drive VTEC yang memulai debutnya pada tahun 1990.Desain bentuk aerodinamis body NSX  terinspirasi oleh bentuk pesawat jet F-16. Sedangkan bahan body NSX dibuat menggunakkan rangka full aluminium. Pada masanya mobil ini mampu melawan Ferrari yang bermesin V8. Generasi pertama NSX bertahan sampai tahun 2005 dengan melakukan ubahan Facelift pada tahun 2002.

img_1261

Honda NSX-R sendiri muncul pada tahun 1992. Mobil ini di modifikasi beberapa sektor termasuk mesin oleh Honda agar dapat mampu balapan di sirkuit. Diet ketat juga dilakukan pada mobil ini, seperti hilangnya peredam, ban cadangan, audio, kontrol traksi bahkan a/c pun dihilangkan pada mobil ini demi bobot keseluruhan yang baik agar tidak mengurangi perfoma.  Tidak hanya itu, Honda juga mengganti jok standar yang elektrik menjadi jok berbahan carbon dari Recaro begitupula dengan velg standar berbobot ringan oleh Enkei. Honda berhasil menurunkan berat 120kg pada NSX-R dengan berat total 1.230 kg.

img_1299

Autoart adalah salah satu brand diecast modelcar yang membuat replika NSX-R generasi pertama dalam skala 1/18. Rupanya Autoart membuat replika NSX-R ini special karena ini merupakan seri AutoartSignature” yang lengkap terdapat informasi tentang NSX-R beserta sertifikat yang sudah jarang ditemukan pada seri Autoart reguler sekarang.

img_1286

Detail dibuat sangat baik dan presisi oleh Autoart. Terutama semua pintu-pintu, kap depan dan bagasi belakang berikut kap mesin yang berada dibalik kaca belakang juga dapat dibuka semua. Tidak hanya itu, keunggulan mobil sportcar di jamannya termasuk NSX dan NSX-R ada pada lampu pop-up yang dapat membuka atau menutup juga dapat dilakukan pada Autoart dengan menaik atau menurunkan tuas yang berada di bawah mobil. Pada kap bagian depan, rupanya Autoart dengan sengaja membuat sendi pada penompang kap ke body mobil dengan tidak solid yang tidak dapat terbuka. Rupanya ada satu detail yang unik yaitu dengan adanya penompang berbentuk tiang sebagai penahannya sehingga mirip dengan mobil aslinya.

img_1289

Masuk ke dalam interior, tidak banyak yang dapat terlihat pada bagian dashboard dikarenakan mobil di masanya menggunakkan desain  yang simpel. Namun Autoart membuatnya dengan sangat detail seperti panel panel instrumen yang dibuat sangat mirip dengan aslinya. Begitupun dengan kehadiran karpet ala bludru yang terdapat pada replika NSX-R ini.

img_1274

Beralih ke bagian belakang, yang sangat menarik ketika membuka kaca belakang yang didalamnya terdapat jantung utama dari NSX-R ini. Memang saat membuka kaca belakang, tidak dapat dilakukan bersamaan dengan bagasi belakang karena akan saling bersentuhan.

img_1268

img_1311

Kaca belakang dan cover mesin ditopang oleh pegas sehingga dapat dibuka bersamaan dengan jangka waktu yang lama. Terlihat detail mesin Honda yang lengkap dengan informasi petunjuk yang sangat detail.

img_1293

Overall secara keseluruhan NSX-R ini sangat layak untuk dikoleksi. Untuk budget yang harus dikeluarkan berkisar antara 1.7-2.5jt. Autoart membuat NSX-R dalam variasi warna antara lain putih, merah,silver, dan kuning.

img_1306

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s