“1/43 FAMILY TREE NISSAN X-TRAIL, FACELIFT & VARIANT PT.2?”

Nissan X-Trail, Mobil compact crossover atau SUV perkotaan yang diproduksi oleh Nissan Motor Company dari tahun 2000 sampai sekarang. Nissan X-Trail sudah sampai pada generasi ketiga dan selain di Jepang, X-Trail sudah dipasarkan ke berbagai negara termasuk Indonesia. Nissan X-Trail dibuat dalam bentuk replikanya dan hadir dalam berbagai skala, salah satunya adalah dalam skala 1/43. Yang menurut kami menarik adalah replika X-Trail meskipun hadir dalam satu basis model, ternyata setelah kami perhatikan secara detail terdapat beraneka macam variasi dan model. Kami akan mengulas secara mendetail tentang perbedaan dari contoh beberapa replika X-Trail yang kami miliki.

Generasi 1 T30 (2000-2007)

img_5742

Nissan X-Trail by J-Collection

Replika Nissan X-Trail generasi pertama (T30) diproduksi oleh beberapa merk antara lain J-Collection/Kyosho, Norev, dan Ixo. J-Collection membuat berbagai macam varian dari Nissan X-Trail T30 mulai dari varian tipe, grill, model Facelift dan setir yang tersedia dalam setir kanan dan kiri sesuai dengan pemasaran mobil aslinya.

img_5762

Kiri ke Kanan : Tipe GT/ST Japan 2000/2001, Eropa/Australia & Facelift 2005

Terlihat pada gambar diatas, ketiga X-Trail dengan berwarna dan tipe varian sama, namun jika dicermati terdapat perbedaan yang mencolok yaitu pada grill depan dan bumper depan. Sekilas pada varian GT/ST Japan dan Eropa/Australia hampir serupa, karena yang berbeda hanya pada bagian grill saja, GT/ST Japan memakai gril jaring sedangkan Eropa/Australia memakai grill V besar di tengah. Perbedaan lain pada GT/ST Japan memakai interior satu warna yaitu beige sedangkan GT/ST Eropa/Australia memakai setir kiri. Pada varian Facelift 2005 terdapat perbedaan casting mencolok yaitu pada  bagian depan mencakup bumper depan dan grill yang berbeda dengan varian GT/ST Japan dan Eropa/Australia. Selain itu perbedaan lain ada pada desain interiornya.

img_5773

Pada bagian belakang sangat sulit menemukan perbedaannya. Yang jelas terlihat berbeda pada varian Facelift 2005 menggunakan lampu reflektor bulat dibanding kedua lainnya yang memakai lampu reflektor mengotak. Bumper pada varian Facelift juga terlihat lebih polos dibanding keduanya.

img_5758

Kiri : Varian GT/ST 2000/2001, Kanan : XTT Facelift 2006

Selain itu J-Collection membuat variasi dari X-Trail GT/ST 2000/2001 dengan menambahkan satu detail kecil yaitu spion tanduk di fender samping depan kiri. Pada varian GT/ST Japan sekilas mirip dengan X-Trail generasi awal CKD disini dengan bentuk grill jaring. Namun fyi, di Jepangnya sendiri ini adalah tipe turbo yang menggunakan mesin SR20VET. Varian X-Trail Facelift XTT 2006 memiliki perbedaan mencolok yaitu pada velg yang berbeda dengan berwarna silver seperti yang dibahas sebelumnya. Selain itu, varian XTT dapat dibedakan dengan penggunaan roofrail yang memiliki foglamp diatasnya dan berbeda juga pada bentuk grillnya yang mirip dengan GT/ST generasi awal .

img_0042

X-Trail 2005 Facelift ini merupakan tipe varian dari GT/ST 4wd. Perbedaan antara Facelift 2005 dan 2006 ada pada penggunaan velgnya jika 2005 menggunakan palang 5 dan 2006 menggunakan palang 6. Pada model aslinya, Facelift 2005 merupakan model peralihan sehingga pada detail kecil seperti lampu sein pada fender yang masih sama dengan 2000/2001 yang berwarna oranye. Selain itu desain dashboard yang sudah berubah dari varian pertamanya yang berbeda pada susunan dashboard bagian tengah. Sedangkan desain dashboard pada tahun 2005 dan 2006 sama persis.

img_5756

Interior Kiri : Varian GT/ST 2000/2001, Kanan : XTT Facelift 2006

img_5774

Selain J-Collection yang membuat replika dari Nissan X-Trail generasi pertama, terdapat pula Kyosho Carnel yang satu produksi dengan J-Collection yang membuat varian dari Fire Chief. Varian polisi juga banyak terdapat di J-Collection dan IXO, namun varian tersebut hanya sebatas decal mobil polisi di suatu negara dan lampu sirene saja.

img_0247

Depan : Norev/IXO Hachette, Belakang : Kyosho Carnel

Norev/IXO Hachette atau edisi majalah merupakan produsen diecast generik. Generik yang dimaksud adalah, produsen tersebut mengambil basis yang sudah ada (J-Collection) lalu men downgrade nya seperti terlihat pada contoh. Yang jelas kentara berbeda ada pada kualitas yang tidak detail dibanding J-Collection seperti detail-detail yang menempel di body. Selain itu interior pada Norev/IXO dibiarkan polos mengikuti warna plastiknya.

img_5780

Namun terdapat keunikan dari X-Trail produksi Norev/IXO Hachette. Varian yang dibuat adalah X-Trail GT/ST Facelift 2005, namun yang membedakan adalah desain roofrail yang polos tidak terdapat spoiler seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Ini menandakan varian yang dibuat adalah varian basic dari X-Trail itu sendiri, apalagi grill depan yang dicatkan berwarna hitam dengan desain grill yang mirip dengan XTT.

img_0220

Varian pada Norev/IXO Hachette yang ternyata persis dengan yang dibuat oleh Kyosho Carnel. Namun Kyosho Carnel dibuat dengan atributnya sebagai mobil Fire Chief dengan kualitas jauh lebih baik sama dengan J-Collection.

img_0268

Pada interior dari varian model Fire Chief, terlihat perbedaannya yang mencolok ada pada warna interior yang menggunakkan warna hitam seluruhnya. Selain itu terdapat detail pengenal id yang terletak di dashboard bagian kiri.

 

Generasi 2 T31 (2007-2013)

img_2673

Kiri-kanan : J-Collection/Kyosho 2007 XT Japan (merah & biru), Norev/IXO Hachette 2007 GT/ST  Japan Clean Diesel (Grey) & Kyosho Facelift 2011 GT/ST Japan Clean Diesel (Hitam)

img_2677

Kiri-Kanan : Norev/IXO Hachette 2007 XT Japan, Norev 2007 XT European & 2011 XT China

Varian dan Facelift berlanjut pula pada generasi kedua dari X-Trail. Namun kali ini kombinasi dari beberapa merek. J-Collection kini hanya membuat varian T31 dalam satu model saja  yaitu varian XT Japan.

img_2698

Sedangkan yang menarik adalah Norev/IXO Hachette yang kini membuat replika dari X-Trail T31 dalam 2 varian model yaitu 2007 GT/ST Japan Clean Diesel, yang rupanya mengambil basis dari J-Collection namun dibedakan dengan bentuk front end depan yang berbeda. Bentuk depan pada varian Clean Diesel yang mirip dengan versi Eropa dimana yang membedakan adalah pada grill dan bumper depan. Perbedaan lain terdapat pada roofrail dimana pada varian GT/ST Japan yang polos, sedangkan pada XT terdapat lampu Foglamp.

img_2687

Kiri : Norev 2007 XT European, Kanan Norev/Hachette 2007 GT/ST Japan

Norev membuat pula replika dari Nissan X-Trail T31 dalam  varian Eropa setir kiri. Perbedaan dengan J-Collection ataupun Norev/IXO ada pada bentuk casting dari mereka yang lebih pipih dibanding Norev. Norev terlihat lebih menggemuk dibandingkan J-Collection dan Norev/IXO. Detail dari Norev yang cukup detail setara dengan J-Collection.

img_6901

Norev/IXO Hachette juga membuat varian XT 2007 Japan yang mengambil basis dari Norev. Tidak seperti varian GT/ST Clean Diesel 2007 yang secara pengerjaan ala kadarnya mirip dengan generasi awalnya, pada varian XT 2007 ini kualitas pengerjaannya cukup oke. Terlihat bentuk casting body yang rapih yang mirip dengan Norev nya. Namun interior juga polos sama seperti Norev/IXO Hachette lain.

734095_343333042454292_895537219_n

Kiri : Kyosho Facelift 2011 GT/ST Japan Clean Diesel, Kanan : China Dealerbox Facelift 2011 XT

Pada X-Trail T31, terlihat perbedaannya terdapat pada bagian depan belakangnya. Kyosho pertama kali muncul membuat replikanya. Pada facelift ini menunjukkan Nissan sudah menerapkan model global yang dapat dilihat dari model yang seragam di berbagai negara. Namun varian muncul ketika Dealerbox Dongfeng Nissan China yang mengeluarkan replika dari T31 bertipe XT.

374565_343333145787615_599338139_n

Awalnya kami pikir Dealerbox China mengambil basis sama dari Kyosho, namun nyatanya tidak. Kami tidak mengetahui siapa produsen yang membuat T31 XT Facelift ini. Kami melihat pengerjaannya cukup dibilang detail terutama yang membedakan dengan kehadiran bumper guard depan, sunroof dan aksesoris menandakan varian tertinggi dari X-Trail.

541581_343332889120974_703217639_n

Memang perlu diakui Dealerbox Dongfeng Nissan tidak bisa dikatakan sangat detail. Ada beberapa kelemahan seperti beberapa bagian yang kurang rapih, interior yang persis dengan Norev/IXO yang polos sewarna dengan warna plastik. Begitupun penggunaan ban yang menurut kami terlalu tebal sehingga kurang proposional.

598744_343333115787618_2091046586_n

Pada bagian belakang, Dealerbox  Dongfeng Nissan tidak terdapat mika lampu pada bagian lampu mundur dan foglamp seperti Kyosho. Detail emblem-emblem juga hanya decal saja tidak menggunakkan stiker menyerupai logo seperti pada Kyosho. Secara detail kualitas pengerjaan, Kyosho patut diacungi jempol berikut detail yang diberikan.

 

Generasi 3 T32 (2013-Now)

img_5357

Pada generasi ketiga, Nissan rupanya semakin menerapkan produk global untuk X-Trail ini. Dapat dilihat dari penggunaan body dan varian yang bahkan sampai ke Amerika (bernama Rogue) yang sama seperti Eropa dan Jepang. Sehingga kami kurang begitu melengkapi varian yang ada. Terdapat berbagai merk brand modelcar yang juga membuat generasi terakhir dari X-Trail T32 ini yaitu Kyosho, Premium X dan Wit’s.

img_5334

Spek Jepang

img_5353

Spek European

Premium X membuat varian dari generasi ketiga ini dalam spek Eropa dan Jepang. Secara fisik tidak ada yang membedakan pada keduanya namun hanya berbeda pada penggunaan velg dan setir yang berbeda posisi saja. Secara detail kualitas pengerjaan,  Premium X cukup baik dan tergolong detail.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s