“1/43 FACELIFT & VARIANT Pt.1”

Facelift atau biasa disebut Minor Change, suatu cara yang dilakukan oleh seluruh produsen brand mobil dunia terhadap mobil produksinya sebagai penyegaran model jika sudah mencapai umur tertentu sebelum mobil tersebut mengalami perubahan yang besar / Major Change. Biasanya Facelift dilakukan agar mobil yang diproduksi dipasaran dapat mengikuti tren / kondisi pasar agar tidak terlihat tua dengan beberapa penyegaran seperti lampu-lampu,bumper depan-belakang, bagian interior, dan lain sebagainya. Biasanya Facelift dilakukan setelah mobil beredar dipasaran selama 3-5 tahun atau bahkan paling ekstrem selama 10 tahun.

Facelift / Minor Change berlaku pula pada dunia Diecast ataupun Resin, yang akan kami bahas dalam skala 1/43. Facelift dalam modelcar dilakukan oleh satu Brand atau banyak yang juga biasanya dikarenakan sebagai promo dealer berupa gift / merchandise  sesuai dengan mobil aslinya yang dirilis di pasaran. Adapun Facelift pada modelcar dibuat berdasarkan mobil favorit pada mobil aslinya. Berikut kami memiliki beberapa contoh beberapa modelcar Facelift yang dikomparasi kan bersama model sebelum facelift (pre-Facelift) yang kami bagi menjadi beberapa part bagian. Pada part 1 ini kami membahas contoh model mobil Eropa.

Mercedes-Benz C-Class W204

img_0691

Produsen miniatur diecast paling sering membuat varian serta Facelift dari pabrikkan Jerman, Mercedes-Benz. Salah satu model populer dari brand Mercedes-Benz yang dibuat Faceliftnya adalah dari generasi C-Class. Pada contoh yang kami miliki merupakan generasi C-Class W204. Secara model, Facelift yang dilakukan hanya pada bagian front end meliputi bagian lampu depan, bumper, serta interior.

untitled-11

Kiri : Mercedes-Benz C63 AMG 2013, Kanan C-Class Avantgarde 2007

Schuco adalah brand pembuat miniatur diecast dari Mercedes-Benz W204 C-Class ini. Hal yang menarik perhatian kami adalah, Schuco juga membuat miniatur W204 dalam beberapa varian model sesuai dengan aslinya, mulai dari Elegance, Avantgarde hingga AMG. Masing-masing model varian yang dibuat miniaturnya juga menunjukkan perbedaan di beberapa sektor yang dibuat sangat detail mirip dengan aslinya. Meskipun menggunakan basis mobil yang sama, namun dalam proses diecast-ing atau mencetak pada miniaturnya yang tidak bisa menggunakan cetakkan sama pada satu model varian dengan varian lainnya. Pada  casting body C-Class ini pun memang benar-benar tidak  menggunakkan basis yang sama antara model pre-Facelift dan Facelift,hal ini dapat dibuktikan dan dilihat dari penggunaan sunroof pada generasi pre-Facelift sedangkan pada Facelift sunroof ditiadakan.

3

Pada C-Class W204 Facelift, yang jelas kentara perbedaannya ada pada bagian apron bentuk depan. Headlamp pada Facelift terdapat bentuk lengkungan sedangkan pada bumper depan berbeda dengan pre-Facelift. Ubahan yang tergolong kecil pada mobil aslinya, namun perubahan besar pada miniatur diecastnya yang mesti membuat cetakkan baru untuk menyesuaikan dengan bentuk Facelift. Sedangkan pada bagian kap mesin, masih sama dengan pre-Facelift.

Mercedes-Benz E-Class W211

img_3282

Kiri : Model Pre-Facelift,Kanan : Facelift

Mercedes-Benz E-Class, merupakan sedan kelas premium sedang yang sangat populer di jalan Indonesia. Minichamps adalah brand diecast dari skala 1/43 yang mempelopori dalam membuat miniatur dari E-Class W211. Semakin pelopor saat Minichamps merilis pula varian Facelift dari W211 ini yang tergolong sangat minim ubahannya pada mobil aslinya.

img_3285

Jika menilik pada bagian depan, perubahan yang jelas kentara pada model Facelift terlihat pada bagian bumper depan dan jumlah pilah grill dan grill yang membesar. Pada bagian tersebut minimal Minichamps meracik lagi tampilan model pre-Facelift dan menyesuaikan dengan model Facelift dimana cetakkan pada body pun juga ikut berubah. Parts lain yang juga terlihat berbeda pada model Facelift dibanding sebelumnya ada di bagian spion samping. Sedangkan pada body bagian samping tidak terdapat perbedaan yang mencolok terlihat sama persis dengan pre-Facelift, hanya dapat dibedakan dari penggunakan velg yang berbeda.

img_3300

Pada bagian belakang,sekilas terlihat tidak ada sama sekali perbedaan casting body antara keduanya, yang berbeda hanya pada bagian lampu yang merupakan parts terpisah. Pada bagasi belakang kita hanya dapat melihat list panjang yang terdapat diatas plat nomer yang menjadi perbedaan dari model Facelift. Meskipun kita mengganggap merupakan bagian yang simpel, namun Minichamps harus memanjangkan pula bentuk line dari list belakang tersebut, yang bukan sekedar di cat saja namun juga dibentuk cetakkan menyesuaikan dengan garis listnya.

Mercedes-Benz E-Class W212

img_3204

Kiri : Pre-Facelift by Schuco, Kanan : Facelift by Kyosho

Lanjut pada generasi penerus dari E-Class W211, yaitu W212 yang menarik untuk dibahas. Kali ini kedua model dibuat oleh beda merk brand. Pre Facelift yang dibuat oleh Schuco dan Facelift dibuat oleh Kyosho. Kami tidak mengetahui alasan kenapa Schuco yang tidak membuat model Faceliftnya. Meskipun beda merek setelah kami jejerkan ternyata ukuran body dan lebar sama persis. Memang tidak mutlak yang membuat model Facelift dari merek yang sama, namun kami memfokuskan pada model Facelift yang dibuat miniaturnya.

img_3223

Pada generasi E-Class ini, kami tidak bisa me komparasikan casting antara kedua miniatur mobil karena beda brand. Namun yang kami bahas antara lain adalah perbedaan parts yang ada pada kedua miniatur mobil ini. Keduanya menggunakkan basic trim sama yaitu Avantgarde, namun pada model Facelift ubahan besar pada bagian depannya terutama lampu dan grill. Lampu depan dan grill dengan desain baru yang tidak menyisakan sama sekali model pre-Facelift.

img_3208

Jika kita melihat dari depan, pada model Facelift hampir sekilas kita berpendapat bahwa ini adalah E-Class generasi terbaru. Hal ini disebabkan karena lampu pada Facelift yang sudah berbeda dari pre-Facelift yang masih menggunakan lampu headlamp terpisah. Ciri E-Class pada model Facelift ini hampir hilang, dan ternyata pada generasi W212 Facelift ini merupakan peralihan style ke model-model Mercedes-Benz yang kita dapat jumpai sekarang yang menggunakkan  style lampu yang mirip-mirip.

img_3219

Pada bagian belakang, terlihat pula perbedaan fisik kedua mobil ini ada pada lampu dan bumper belakang. Lampu belakang pada model Facelift juga sebagai perantara style dengan model Mercedes-Benz sekarang yang menggunakkan susunan lampu yang mirip-mirip, meskipun pada E-Class Facelift masih menggunakkan bentuk layout model pre-Facelift dimana lampu belakang masih menyambung ke bagasi.

Volkswagen Multivan T5

img_4755

Kali ini contoh lain datang dari model Volkswagen. Kedua model  T5 Multivan ini diproduksi oleh Minichamps. Jelas kentara berbeda antara kedua mobil ini ada dibagian apron depannya. Terlihat pada model 2003 yang landai sedangkan pada model 2012 yang bertampang tegak dan tegas. Memang terlihat jelas kedua mobil ini menggunakan basis cetakkan yang berbeda.

img_4774

Selain bagian apron bagian depan yang berbeda, hal lain yang membedakan kedua miniatur ini yang terlihat jelas ada pada bagian sampingnya. Terlihat terdapat list di bagian tengah body pada generasi T5 awal sedangkan pada model Facelift list body berpindah ke bagian bawah, sehingga jelas terlihat berbeda casting body dari kedua miniatur ini.

img_4775

Model 2003

img_4772

Model 2012

Meskipun sekilas pada kedua model dari Multivan ini berbeda, namun sebetulnya masih menggunakkan basis yang sama ketika kita melihat siluet bodynya. Perbedaan dari samping yang kentara berbeda antara lain pada Facelift menggunakkan kaca full closed dari depan ke belakang dengan warna menyerupai green glass pada kaca samping ke belakang sedangkan pre-Facelift kaca depan samping yang terbuka dan model transparan pada kaca samping ke belakang. Adapun pembeda lain yaitu velg dan spion samping dengan desain yang berbeda.

img_4776

Sedangkan pada bagian belakang, sekilas terlihat antara pre-Facelift dan Facelift sama persis yang dapat terlihat dari pintu bagasi belakang dan juga bumpernya. Perbedaan yang kentara jelas yaitu pada bagian lampu belakang dengan susunan lampu yang berbeda. Adapun perbedaan lain yaitu kaca belakang pada model Facelift yang terdapat wiper sedangkan pada Pre-Facelift polos.

Sekian beberapa contoh yang kami dapat bahas secara detail. Selain model-model yang ada di atas, masih terdapat lagi model mobil Eropa lain yang juga menawarkan varian model yang beragam. Pada pembahasan berikutnya kami akan membahas contoh model Facelift dan varian yang berasal dari mobil Jepang yang juga menarik untuk dibahas.

img_5762

Advertisements

One thought on ““1/43 FACELIFT & VARIANT Pt.1”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s