“1/18 TARMAC WORKS MITSUBISHI LANCER EVOLUTION V GSR”

Mitsubishi Lancer Evolution atau yang akrab dipanggil Lancer Evo, adalah mobil berbasis dari sedan normal Lancer. Mitsubishi Lancer Evo dapat kita kenali dari mesin yang menggunakan 2.0L turbocharged  dan penggerak all wheel driveLancer Evo sudah mencapai generasi ke 10 yang sayangnya pada tahun 2015 kemarin adalah akhir dari Lancer Evo yang tidak diproduksi kembali. Lancer Evo berjaya pada masa-masanya WRC (World Rally Championship) yang memenangkan beberapa kejuaraan seri rally saat itu.

img_1510

Mitsubishi Lancer Evo V merupakan pengembangan dari Lancer Evo IV yang sudah terlebih dahulu muncul. Lancer Evo V dapat dibedakan dari penggunaan bumper depan dan belakang yang lebih agresif dari pendahulunya. Perbedaan minor lain terdapat pada lampu depan dan belakang dan rear spoiler yang adjustable berada di bagasi. Pada bagian jeroan mesin terdapat beberapa penyempurnaan mulai dari TurboECU, piston, dan lain sebagainya.

img_1520

Tarmac Works, brand modelcar yang membuat replika Mitsubishi Lancer Evo V berskala 1/18 berbahan resin. Beberapa tahun terakhir kita sangat diuntungkan dari berbagai merek modelcar yang sangat inovatif dalam membuat varian model terutama Mitsubishi Lancer Evo V. Ya, jika sebelumnya sangat sulit sekali mencari replika model ini dan dulunya hanya tersedia dalam skala 1/43 saja. Apalagi cukup sulit ketika ingin melengkapi generasi keluarga Mitsubishi Lancer Evo dari skala 1/18 yang dulunya hanya tersedia dari generasi Evo VI-X.

11

Tarmac Works merupakan merek modelcar yang cukup baru bagi kalangan kolektor. Namun kualitas pembuatannya patut diacungi jempol terutama dalam membuat replika dari Lancer Evo V ini. Meskipun material yang digunakan resin dan terasa ringan saat diangkat, kita dapat melihat detail-detail keren yang diberikan. Detail interior dibuat persis dengan aslinya mulai panel-panel instrumen, setir MOMO , serta jok RECARO yang  corak sarang tawonnya dibuat persis menyerupai aslinya. Pada bagian exterior terdapat detail velg OZ Racing serta brake caliper BREMBO yang juga sangat mirip dengan aslinya.

img_1523

Selain itu pada bagian lampu-lampu,reflektor yang digunakan juga mirip dengan aslinya. Perlu diketahui pula, detail grill depan serta air cooled yang berada di kap mesin dan bumper depan menggunakkan jaring, meskipun modelcar terbuat dari resin, tapi Tarmac Works membuatnya begitu detail, seperti pada lubang jaring pada bumper, kita dapat melihat intercooler yang tersamar seakan terdapat mesin didalamnya.

img_1535

Pada bagian belakang tidak jauh berbeda dengan bagian depan, detail-detail dibuat sedemikian rupa mirip dengan aslinya. Rear spoiler terlihat merupakan parts bagian terpisah dari body mobil yang menurut kami keren, yaitu adanya mika lampu stoplamp pada rear spoiler yang bukan decal.  Detail lain yang menjadi daya tarik kami adalahnya bagian exhaust muffler yang terlihat jalur pipanya yang diberi warna silver.

img_1511

Bagaimana dengan kesimpulannya? Untuk di rentang harga 2jt keatas, sangatlah overpriced. Bukannya jelek dan tidak bagus, tapi detail yang diberikan sudah selayaknya dan sepatutnya ada di modelcar lain sekelasnya. Penilaian kami pada resin modelcar Mitsubishi Lancer Evo V ini cukup detail dan menyerupai dengan aslinya, namun karena spek mobil ini adalah tipe GSR yang merupakan tipe standar dari Lancer Evolution yang terkesan biasa saja tidak ada yang membuat kami bilang “wow”. Tarmac Works membuat varian lain selain GSR yaitu Ralliart Rally version dan Mines yang mungkin detail yang diberikan jauh lebih menarik dibandingkan dengan unit varian GSR yang kami miliki.

img_1519

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s