“1/18 AUTOART NISSAN/DATSUN FAIRLADY 240 Z S30 WANGAN MIDNIGHT”

Wangan Midnight adalah nama dari komik manga berasal dari Jepang, yang terkenal di era 90 an. Kepopuleran dari komik manga Wangan Midnight yang akhirnya dibawa ke game, serial film animasi dan film action yang berada di bioskop. Nama Wangan sendiri diangkat dari balapan jalanan di Tokyo Shuto Expressway Bayshore Route, yang dimana Bayshore dalam bahasa Jepang adalah Wangan. Singkat cerita, suatu hari pemeran utama Akio Asakura menggunakan Fairlady Z Z31 yang menantang balapan Blackbird (Porsche 964),yang pada akhirnya Akio Asakura kalah bertarung melawan Blackbird. Dengan obsesi Akio akan mobil berperforma tinggi, Akio mencari parts untuk menunjang mobilnya di Junkyard.

img_1929

Namun Akio melihat Fairlady Z 240 Z S30 yang akan di hancurkan dengan parts bagus didalamnya. Fairlady Z 240Z S30 tersebut menggunakan mesin L28 yang dimodifikasi dan ditingkatkan menjadi 3.1L. Mesin L28 merupakan mesin top of the line dari mesin 240Z yang menggunakan twin turbo. Lalu Akio berunding dengan montir nya dan menginginkan S30 tersebut dan ingin membeli dari pemilik Junkyard setelah Akio teringat kembali oleh memori terdahulu pernah melihat mobil serupa dan persis yang melintas didepan Akio di jalan. Namun niat Akio ingin memiliki S30 dihalang-halangi oleh pemilik Junkyard yang menceritakan bahwa pemilik sebelumnya yang mengalami kecelakaan tragis dengan S30 dan akhirnya mobil ini dinamai Devil Z bahkan nama pemilik sebelumnya  juga sama yaitu Akio Asakura. Dengan usahanya, Akio akhirnya memiliki mobil S30 Devil Z dan membangun mobil ini dan dipakai olehnya untuk balapan dengan Blackbird.

untitled-2

Autoart, baru-baru ini merilis diecast miniatur dari mobil legendaris Devil Z dalam skala 1/18. Beruntuk kami dapat memilikinya, karena pada awal kali diecast ini muncul, langsung ludes terjual dipasaran hobby. Secara kualitas, brand Autoart tidak perlu diragukan lagi terutama dalam detailnya. Beruntung karena Devil Z ini masih terbuat dari full diecast metal body yang cukup berat digenggam, karena model terbaru dari Autoart kini menggunakan bahan Composite dan base yang metal.

img_1982

Hal pertama saat kami menerima Devil Z ini adalah langsung membuka pintu-pintu serta kap mesin dan bagasi dari miniatur ini. Kami sangat terpukau saat melihat detail enginenya, dimana detail kabel-kabel, fan dan lain sebagainya dibuat sangat mirip dengan aslinya. Begitupun dengan interiornya,panel-panel serta rollcage yang bisa kita lihat secara jelas meskipun dilabur warna hitam. Sayang bagi anda yang penggemar dengan detail karpet bludru yang tidak terdapat pada Devil Z ini.

untitled-1

Saat membuka Bagasi belakang, hal yang menarik bagi kami adalah diecast ini dibuat sedemikian rupa mirip dengan aslinya, bahkan adanya pegas penompang bagasi belakang. Namun kelemahannya yaitu bagasi belakang ini sering kali menutup dengan sendirinya saat kita ingin membuka dengan jangka waktu lama.

img_1941

Secara tongkrongan, modelcar Devil Z ini sangat oke dan gahar. Autoart membuat bentuk body yang sangat proposional sehingga sedap dipandang oleh mata.

img_1989

Yang menjadi point of interest kami selain pembahasan diatas, yaitu ada kepada velg dan fitment pada Devil Z ini. Penggunaan velg deep dan beroffset lebar dan rapat fender sehingga terlihat proper dan stanced. Apalagi velg yang digunakan adalah RS Watanabe yang juga legendaris.

img_1993

Bagaimanakah dengan kesimpulannya? Miniatur Diecast dari Devil Z ini pantas dan layak untuk dikoleksi. Terutama keluaran dari Autoart ini masih tergolong fresh from oven sehingga masih mudah ditemui dipasaran.Untuk harga, anda bisa menebus Devil Z ini dipasaran sekitar 2,5-2,7 jt. Untuk kelemahan kami tidak menemukan masalah berarti pada Devil Z ini terutama detail, ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. Namun pada unit kami,amat disayangkan kami menemukan lapisan cet yang sedikit tergerus pada bagian sisi samping kap mesin. Hal yang sangat minor dan dapat dimaklumi karena proses pengerjaan dan perakitan yang handmade sehingga tidak ada yang 100% sempurna.

img_1997

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s